Permainan Bola – Hari ini, di tanggal yang sama yaitu 24 Maret tahun 1974 lalu, kota Milan dipenuhi warna hitam dan biru, di mana seluruh suporter Inter Milan sedang berpesta merayakan kemenangan tim kesayangan mereka atas AC Milan dengan skor 5-1 pada pekan ke-22 Liga Italia musim 1973-1974.

Suporter Inter Milan larut dalam euphoria. Sejak Liga Italia pertama kali 1923-1930, laga itu menjadi pengalaman pertama inter bisa menang dengan empat gol saat bertamu dengan rival sekota. Sangat istimewa karena Inter Milan sanggup membantai AC Milan yang kala itu sedang bertabur bintang seperti Giuseppe Sabadini, Giani Rivera, Alberto Bigon, serta Luciano Chiarugi. Pelatih I Rossoneri kala itu bukan orang sembarangan, yaitu Giovanni Trappatoni.

Cuplikan video di atas kita dapat melihat bagaimana kegembiraan Inter Milan membantai AC Milan dengan skor 5-1.  Baru sembilan menit pertandingan berjalan, Inter Milan sudah unggul 3 – 0. Tiga gol awal dicetak oleh Gabriele Oriali pada menit ke-5, gol bunuh diri Giuseppe Sabadini menit ke-7, dan Roberto Boninsegna.

AC Milan sempat membuka peluang dengan memperkecil kedudukan menjadi 3-1 melalui gol Luciano Chiarugi pada menit ke-20. Sebelum babak pertama berakhir, Inter Milan memperlebar jarak setelah Sandro Mazzola mencetak gol di menit ke-44. Perjuangan AC Milan untuk bangkit tidak terbendung oleh permainan Inter Milan, sehingga pada babak kedua Inter Milan pun menambah gol pamungkasnya diciptakan oleh Giorgio Mariani pada menit ke-69.

Inter Milan harus diakui lebih baik dari AC Milan pada musim 1973-1974. Dua kali mereka menang dalam derby Della Madoninna. Pada pertemuan pertama, La Beneamata sukses meraih kemenangan dengan skor 2-1. Pada akhir musim, Inter Milan justru tertawa gembira manakala AC Milan  terperosok di peringkat tujuh, sedangkan Inter Milan sukses bertengger di peringkat keempat sehingga berhak mendapatkan tiket ke Piala UEFA 1974-1975.

Kunjungi kami di http://bolaworld.com